Perbaikan Proses Bisnis pada Fungsi Penanganan Premi untuk Menurunkan Nilai Suspend Account, Studi Kasus PT Asuransi Adira Dinamika | |
---|---|
Persaingan yang semakin ketat di industri asuransi kerugian mengakibatkan adanya tuntutan untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan peningkatan kinerja di seluruh kegiatan operasional perusahaan. Kegiatan operasional perusahaan asuransi kerugian meliputi produksi polis, penanganan klaim, penagihan dan pembayaran premi, dan lain-lain. Penelitian ini dilaksanakan di PT Asuransi Adira Dinamika dengan mengambil topik permasalahan pertumbuhan nilai suspend account. Pengertian suspend account adalah rekening penampungan sementara dana premi yang belum dilakukan peng-update-an terhadap piutangnya dan belum berhasil diidentifikasi nomor polis atau nomor sertifikatnya. Penanganan suspend account adalah salah satu bagian dari fungsi penanganan premi. Permasalahan pertumbuhan nilai suspend account memiliki dampak negatif terhadap operasional bisnis dan kinerja proses layanan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menurunkan nilai suspend account melalui metode perbaikan proses bisnis (BPI). Penelitian ini juga menggunakan berbagai teknik analisis yaitu analisis proses bisnis (BPA), analisis kesenjangan, dan analisis akar penyebab masalah. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah sebuah rancangan rancangan sistem yang diajukan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan kinerja proses. Kata kunci: Asuransi kerugian, pembayaran dan penagihan premi, suspend account, perbaikan proses bisnis, BPI, analisis proses bisnis, BPA, analisis kesenjangan. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Ir. Aurino R. A. Djamaris, M.M. (Pembimbing I) - Personal Name Johansyah Angellina ( 1071001061) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-MNJ/11/052 |
Subject(s) | Asuransi Asuransi Adira Dinamika, PT. |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2011 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |