Pengaruh Elemen Servicescape - Faktor Suasana, Desain, dan Sosial pada Kesetiaan Pelanggan Taksi di Jakarta | |
---|---|
Jumlah armada taksi yang beroperasi akan terus meningkat seiring bertambahnya taksi baru yang melayani masyarakat DKI Jakarta. Dengan begitu, persaingan antar perusahaan taksi akan semakin ketat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesetiaan pelanggan dan servicescape merupakan faktor penting bagi sebuah perusahaan untuk memenangkan persaingan di dalam dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh elemen servicescape, yaitu faktor suasana, desain, dan sosial terhadap kesetiaan pelanggan perusahaan taksi di Jakarta. Data penelitian ini adalah pengguna berbagai taksi di Jakarta yang berjumlah 200 orang. Analisis data dilakukan dengan cara menguji instrumen penelitian terlebih dulu, termasuk uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya dilakukan analisis faktor dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor suasana, desain, dan sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesetiaan pelanggan. Kata kunci: servicescape, faktor suasana, faktor desain, faktor sosial, kesetiaan pelanggan. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Tri Wismiarsi, Ph.D. (Pembimbing I) - Personal Name Lisyaningrum Asa Hapsari ( 1071001133) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-MNJ/11/051 |
Subject(s) | kesetiaan pelanggan Transfortasi TAXI |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2011 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |