Analisis Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah pada PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Kalibata | |
---|---|
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara customer relationship management (CRM) secara simultan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Syariah Mandiri kantor cabang Kalibata. Selain itu, ingin mengetahui juga indikator CRM apakah yang memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah. Data yang dipergunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari objek penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Kalibata dan kantor cabang pembantu Pasar Minggu. Model analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Adapun hasil penelitian menemukanadanya pengaruh yang signifikan antara CRM terhadap loyalitas nasabah. Didapat juga hasil bahwa indikator CRM yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas adalah identify dandevelop, sedangkan dua variabel lainnyatidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan temuan-temuan tersebut, peneliti mengajukan saran kepada pihak Bank, khususnya Bank Syariah Mandiri cabang Kalibata, hendaknya terus meningkatkan hubungan dengan nasabahnya, pertahankan dan tingkatkan persepsi-persepsi yang sudah baik di mata nasabah, dan evaluasi terhadap nilai-nilai yang belum baik dalam persepsi nasabah. Kata Kunci: Pengaruh, customer relationship management,loyalitas, hubungan pelanggan, nasabah |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Muchsin Saggaff Shihab, Ph.D (Pembimbing I) - Personal Name Eka Hadyan Prasetya ( 1071001174) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-MNJ/11/040 |
Subject(s) | Bank Syariah Mandiri Customer Relationship Management (CRM) |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2011 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |