Select Language  
Book's Detail
ANALISIS PEMBERITAAN GO-JEK DAN GRABBIKE DI MASA AWAL PELUNCURAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA PEMBERITAAN DI KOMPAS.COM)

Fenomena ojek online merupakan sebuah fenomena yang terjadi di Indonesia pada 2015 sejak hadirnya layanan ojek online Go-Jek dan GrabBike. Media massa membingkai berita Go-Jek dan GrabBike secara berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dalam menganalisis bagaimana bingkai berita Go-Jek dan GrabBike yang dibentuk oleh Kompas.com di dua bulan awal masa peluncuran aplikasi mobile mereka dan dalam menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike dalam dua bulan tersebut menggunakan teori influences on mass media content. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam dua bulan awal tersebut, Kompas.com sama-sama membingkai Go-Jek dan GrabBike secara positif, namun perbedaannya adalah berita Go-Jek banyak dibingkai dari sisi penilaian pemerintah Jakarta terhadap layanan Go-Jek yang dinilai sebagai sebuah inovasi, sedangkan berita GrabBike dibingkai dari sisi keberhasilan aplikasinya. Selanjutnya, faktor-faktor yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike di dua bulan awal tersebut adalah nilai berita, selera pasar atau minat pembaca, dan kepentingan pasar media.

Kata Kunci : analisis framing, fenomena ojek online, nilai berita, selera pasar, dan kepentingan pasar media.

Statement of Responsibility
Author(s) Stella Fellicia Persulessy (1121003006) - Personal Name
Edition
Call Number UB/EIS-KOM/16/110
Subject(s) Mass Communication
Communication
Corporate Communication
Language Indonesia
Publisher Universitas Bakrie
Publishing Year 2016
Specific Detail Info
File Attachment
LOADING LIST...
Availability
LOADING LIST...