ANALISIS PEMBERITAAN GO-JEK DAN GRABBIKE DI MASA AWAL PELUNCURAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA PEMBERITAAN DI KOMPAS.COM) | |
---|---|
Fenomena ojek online merupakan sebuah fenomena yang terjadi di Indonesia pada 2015 sejak hadirnya layanan ojek online Go-Jek dan GrabBike. Media massa membingkai berita Go-Jek dan GrabBike secara berbeda. Penelitian ini menggunakan metode analisis framing Zhongdan Pan dan Gerald M. Kosicki dalam menganalisis bagaimana bingkai berita Go-Jek dan GrabBike yang dibentuk oleh Kompas.com di dua bulan awal masa peluncuran aplikasi mobile mereka dan dalam menganalisis faktor-faktor apa saja yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike dalam dua bulan tersebut menggunakan teori influences on mass media content. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam dua bulan awal tersebut, Kompas.com sama-sama membingkai Go-Jek dan GrabBike secara positif, namun perbedaannya adalah berita Go-Jek banyak dibingkai dari sisi penilaian pemerintah Jakarta terhadap layanan Go-Jek yang dinilai sebagai sebuah inovasi, sedangkan berita GrabBike dibingkai dari sisi keberhasilan aplikasinya. Selanjutnya, faktor-faktor yang memengaruhi isi berita Go-Jek dan GrabBike di dua bulan awal tersebut adalah nilai berita, selera pasar atau minat pembaca, dan kepentingan pasar media. |
|
Statement of Responsibility | |
Author(s) | Stella Fellicia Persulessy (1121003006) - Personal Name |
Edition | |
Call Number | UB/EIS-KOM/16/110 |
Subject(s) | Mass Communication Communication Corporate Communication |
Language | Indonesia |
Publisher | Universitas Bakrie |
Publishing Year | 2016 |
Specific Detail Info | |
File Attachment | LOADING LIST... |
Availability | LOADING LIST... |